Artikel

Tips Cara Mengganti Ban Mobil yang Kempes dg Efektif dan Aman

ban-kempes

Driver (sopir) PT. Krakatau Jasa Industri telah memahami, kompeten dan berpengalaman dalam pekerjaan mengganti ban mbil yang kempes dengan cara cara yang efektif, cepat, dan aman.

Daftar Isi :

    • 1. Pengantar
    • 2. Pengertian
    • 3. Peralatan Yang Dibutuhkan
    • 4. Tips Cara Mengganti Ban Kempes
    • 4.1. Cari Lokasi Aman
    • 4.2. Nyalakan Lampu Bahaya (Peringatan)
    • 4.3. Pasang Rem Tangan (Rem Parkir)
    • 4.4. Pasang Ganjal Roda
    • 4.5. Lepas Dop Penutup Roda
    • 4.6. Longgarkan Mur Roda
    • 4.7. Pasang Dongkrak
    • 4.8. Naikkan Kendaraan Dengan Dongkrak
    • 4.9. Buka Mur Roda
    • 4.10. Lepas Ban Kempes
    • 4.11. Pasang Ban Pengganti
    • 4.12. Turunkan Kendaraan Sekedarnya
    • 4.13. Turunkan Kendaraan Sepenuhnya
    • 4.14. Simpan Semua Peralatan
    • 4.15. Periksan Tekanan Angin
    • 4.16. Perbaiki Ban Kempes ke Bengkel

 

Pengantar

Dalam perjalanan menggunakan kendaraan mobil adakalanya mengalami ban kempes di perjalanan, meskipun teknologiu saat ini sudah berhasil mengantisipasi hal seperti itu melalui teknologi ban tube less; serta cairan penambal otomatis.

Kebocoran pada ban tube less dapat terjadi karena bermasalah pada ventil ban atau terkena benda tajam; seperti paku, dll, atau juga penempelan (kerapatan) ban pada bagian velg kurang sempurna. Namun apapun penyebabnya jika ban mobil sudah kempes maka tidak dapat dikendarai lagi karena berbahaya dan harus segera diganti dengan ban cadangan.

Pengertian

Mengganti ban kempes adalah melepas ban kempes yang menempel pada as roda kemudian diganti dengan ban cadangan yang biasanya dibawa pada bagian belakang mobil (tempat ban cadangan). Dalan beberapa kasus yang trerjadi banyak yang tidak bisa mengganti ban kempes karena lupa membawa ban cadangan atau dongkrak atau peralatan lainnya.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Selain ban atau roda cadangan, maka peralatan yang dibutuhkan utuk mengganti ban mobil yang kempes antara lain :

  • Kunci pas – untuk melepas mur ban cadangan
  • Dongkrak – untuk mengangkat mobil dari tanah
  • Ganjal – untuk menghentikan mobil agar tidak terguling saat didongkrak (batu bata dapat digunakan sebagai gantinya)
  • Kunci roda – jika mur pengunci terpasang
  • Buku manual mobil – untuk referensi (mis. lokasi titik dongkrak, dll.)

Mungkin juga akan bermanfaat jika menyiapkan peralatan berikut di mobil :

  • Lampu Senter – untuk bekerja di malam hari (periksa baterai secara teratur)
  • Sarung tangan – roda akan kotor
  • Jaket reflektif – untuk membuat Anda terlihat
  • Segitiga pengaman – untuk memperingatkan pengemudi lain tentang bahaya/halangan
  • Papan kayu pendek – sebagai permukaan datar untuk memantapkan dongkrak
  • Pengukur tekanan ban – untuk memeriksa apakah ban baru sudah terisi penuh

Tips Cara Mengganti Ban Kempes

1) Cari Lokasi Aman
Setelah mengetahui ban mobik kempes, jangan mengerem terlalu dalam atau berbelok secara tiba-tiba. Perlahan-lahan kurangi kecepatan dengan megangkat pedal gas dan periksa lingkungan luar untuk menemukan jalan yang rata dan lurus dengan lahan yang lebar. Permukaan tanah yang rata akan mencegah kendaraan terguling. Dipinggir ruas jalan yang lurus lebih baik daripada belokan karena lalu lintas yang datang lebih akan lebih aman.

2) Nyalakan Lampu Bahaya (Peringatan)
Lampu hazard atau lampu peringatan akan membantu pengemudi lain melihat adanya mobil darurat di pinggir jalan. Untuk keamanan, maka nyalakan segera setelah menyadari bahwa perlu menepi dan berhenti di pinggir.

3) Pasang Rem Tangan (Rem Parkir)
Begitu berhentii pinggir jalan, selalu gunakan rem parkir (rem tangan) saat bersiap mengganti ban kempes. Kondisi ini akan meminimalkan kemungkinan terjadinya kendaraan terguling saat didongkrak.

4) Pasang Ganjal Roda
Ganjal Roda dipasang di depan atau di belakang ban untuk memastikan kendaraan tidak terguling saat sedang mengganti ban kempes. Jika mengganti ban belakang, letakkan di depan ban depan. Jika ban yang kempes di bagian depan, pasang Ganjal Roda di belakang ban belakang. Jika tidak memilki ganjal khusus; menggunakan batu batu juga bisa, namun sebaiknya memikirkan untuk menyimpan Ganjal Roda didalam mobil.

5) Lepas Dop Penutup Roda
Jika kendaraan memiliki dop yang menutupi mur roda, lebih mudah melepas dop dahulu sebelum mengangkat kendaraan dengan dongkrak. Gunakan ujung datar kunci roda untuk melepas dop. 

6) Longgarkan Mur Roda
Dengan menggunakan kunci pas roda atau kunci roda, putar mur roda berlawanan arah jarum jam sampai mematahkan penahannya; jika dipasang pin penahan. Gunakan kaki atau seluruh berat badan jika keras. Longgarkan mur roda sekitar 2 hingga 3 putaran, tetapi jangan melepasnya sepenuhnya. 

7) Pasang Dongkrak
Posisi yang tepat untuk dongkrak biasanya di bawah rangka kendaraan di samping ban yang kempes. Banyak rangka kendaraan yang memiliki cetakan plastik di bagian bawah dengan area logam terbuka yang dibersihkan khusus untuk dongkrak. Untuk mengangkat dengan aman dan menghindari kerusakan pada kendaraan, ikuti petunjuk penempatan dongkrak di manual book.

8) Naikkan Kendaraan Dengan Dongkrak
Untuk mencegah dongkrak menahan beban kendaraan dan kehilangan keseimbangan, letakkan potongan kayu kecil di bawahnya sebelum mencoba mengangkat kendaraan dengan dongkrak. Cara ini sangat membantu untuk kondisi di aspal.
Dengan posisi dongkrak yang benar, naikkan kendaraan hingga ban kempes sekitar 10-15 cm di atas tanah.
Jangan sekali-kali meletakkan bagian tubuh di bawah kendaraan selama atau setelah menaikkan kendaraan dengan dongkrak.

9) Buka Mur Roda
Buka dan lepaskan mur roda sepenuhnya. Karena tadi telah dilonggarkan, maka seharusnya dapat melepaskannya sebagian besar hanya dengan tangan kosong.

10) Lepas Ban Kempes
Mencengkeram tapak ban, tarik perlahan ke arah luar sampai benar-benar lepas dari hub di belakangnya. Letakkan di sisinya agar tidak terguling. Hati hati jangan sampai menggelinding mengenai dongkrak.

11) Pasang Ban Pengganti
Sekarang tempatkan cadangan di hub dilanjutkan dengan mendorongnya perlahan sampai baut roda terlihat melalui pelek. Pasang segera mur roda putar dan kencangkab dengan kekuatab tangan kosong terlebih dahulu.

12) Turunkan Kendaraan Sekedarnya
Gunakan dongkrak untuk menurunkan kendaraan sehingga ban serep berada di tanah tetapi beban kendaraan tidak sepenuhnya bertumpu pada ban. Pada titik ini, maka arus mengencangkan mur roda dengan kunci pas atau kunci roda, memutarnya searah jarum jam, dengah kencang. Tekan kunci roda ke bawah dengan seluruh beban tubuh.

13) Turunkan Kendaraan Sepenuhnya
Bawa kendaraan sepenuhnya ke tanah dan lepaskan dongkrak. Kencangkan lagi mur roda dengan kunci pas atau kunci roda untuk memastikannya sekencang mungkin, dan aman.

15) Simpan Semua Peralatan
Di hadapan Anda ada dongkrak, kunci pas roda, irisan roda, ban kempes, dan mungkin dop. Jangan lupa untuk memasukkan semuanya ke dalam kendaraan (termasuk segitiga pengaman) sebelum berkendara kembali.

16) Periksan Tekanan Angin
Periksan tekanan ban serep; jika memungkinkan harus sama tekanannya dengab ban yang lain diseberangnya. Jika tekanan kurang atau lebih segera bawa ke tukang tambal ban.

18) Perbaiki Ban Kempes ke Bengkel
Ban cadangan sementara tidak dibuat untuk berkendara jarak jauh atau dengan kecepatan tinggi, jadi berkendaralah dengan hati-hati sampai menemukan tambal ban. Seorang profesional harus dapat menentukan apakah ban perlu diperbaiki atau sudah waktunya diganti.

Perkiraan Waktu Mengganti Ban

Dengan cara melakukan sendiri mengganti ban maka melatih menjadi profesional, mengganti ban umumnya antara 15 hingga 30 menit. Pastikan bahwa situasi aman dan setelahnya tidak meninggalkan jejak apa pun. Sangat bermanfaat jika berlatih mengganti ban di garasi untuk memastikan bahwa telah siap menangani situasi seperti ini jika suatu saat terjadi.


Referensi :

  1. Bridgetone; How to Change Flat Tire
  2. RAC Motoring Services; How to change a tyre in 10 simple steps
  3. Driving Test; How to Change a Flat Tire: 15-Step Emergency Guide
  4. Otoklox;8 Langkah Mudah Ganti Ban Sendiri

 

Baca Juga

PT. Kakatau Jasa Industri melayani rental mobil listrik untuk...

Didalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI No 24 Tahun 2006...

Definisi aktuator pneumatik (pneumatic actuator) adalah; jenis...

Batu kapur dan produktanya telah banyak digunakan dalam berbagai...