Artikel

Mengenal Brush Cutter; Mesin Pemotong Semak dan Rumput yang Praktis

mesin potong rumput

Cleaning Service Outdoor PT. Krakatau Jasa Industri dilengkapi mesin dan peralatan pembersihan yang dinilai memilki manfaat efekstif dan efisien; lebih cepat dan mudah diperasikan, salah satunya adalah Brush Cutter.

Daftar Isi :

Pengertian

Brush Cutter atau Pemotong Semak (juga disebut Mesin Potong Rumput Gendong) adalah alat kebun atau pertanian bertenaga mesin (motor bakar) yang digunakan untuk memangkas rumput, semak, pohon kecil, dan dedaunan lainnya yang tidak dapat diakses oleh jenis mesin pemotong rumput rotari atau lawn mower (biasanya didorong). 

Berbagai jenis pemotong berupa bilah pisa baja atau piringan pisau gergaji atau kepala pemangkas bentuk lainnya  dapat dipasang ke mesin Brush Cutter untuk aplikasi aplikasi tertentu.

Brush Cutter dalam dunia Cleaning Service Outdoor digunakan untuk membabat rumput, semak, pohon kecil yang tidak diinginkan; dll. Brush cutter adalah mesin pangkas rumput dan semak tipe rotari yang digunakan dengan cara digendong. Umumnya mesin ini menggunakan motor bensin tipe 2 langkah (two stroke cycle). Kelebihan brush cutter adalah dapat memangkas rumput pada berbagai lokasi; tidak hanya ditempat yang rata tetapi dilereng, selokan; dll. Brush sangat fleksible dan portable dalam penggunaannya; sehingga banyak disukai untuk membabat rumput an semak belukar.

 

memotong rumput

Penggunaan

Mesin Brush Cutter atau Pemotong Semak adalah alat kuat yang dapat digunakan untuk membersihkan rumput, gulma, dan pagar kecil yang tumbuh terlalu tinggi. Aplikasi utamanya adalah lansekap, tetapi ada lebih banyak aplikasi selain itu. Brush Cutter atau Pemotong Semak digunakan sebagai alat pembersih atau alat pertanian yang menghilangkan semak, gulma, tanaman yang tidak diinginkan, tanaman kecil, dan rerumputan yang tumbuh berlebihan yang semakin mengganggu kualitas hasil pertanian. Mesin ini juga dapat memotong rumput menjadi potongan-potongan pendek dan mudah dikelola, dikumpulkan dan diangkut (dibersihkan).

Mesin Brush Cutter atau Pemotong Semak meurpakan mesin pertanian inovatif dan masa depan yang digunakan untuk memotong berbagai tanaman seperti gandum, padi, jagung, tebu, dll. Dan juga dapat memotong tanaman yang lebat dan semak-semak yang tidak diinginkan. Ini menjadi populer di sektor pertanian karena lebih mudah dan praktis digunakan untuk menjaga kebersihan lapangan, halaman atau kebun.

Komponen

Secara garis besar berdasarkan fungsinya, Brush cutter terdiri dari 3 (tiga) komppone besar; yaitu :

1) Unit Mesin diposisikan didekat tubuh Operator.
Mesin biasanya merupakan motor bakar jenis 2 tax (mesin 2 langkah); diposisikan digendong oleh operator dan dilengkapi dengan tangki bahan bakar.

2) Tangkai Pemegang dan Transmisi Daya.
Tankai yang terbuat dari pipa logam selain berfungsi sebagai perpanjangan juga didalamnya berisi shaft (poros as) yang berfungsi menstransmisikan daya dari mesin ke pisau pemotong. Pada bagian bengkokan untuk pergerakan dipasang poros fleksible.

3) Pisau Pemotong Rotari di Ujung Tangkai.

Pisau pemotong ditempatkan diujung bagian bawah dapat diganti bentuk dan ukuran sesuai peruntukannya; dilengkapi dengan pelindang logam.

.

Cara Kerja

Pemotong Smak memiliki mekanisme awal dan cara kerja yang berbeda untu beberapa jenis dan merk, tetapi ide intinya sangat mirip dalam setiap kondisi. 

Di bawah ini adalah prosedurnya:

  • Mesin dihidupkan dan kemudian ranselnya digendong (backpak)
  • Tangkai diarahkan ke bagian semak yang akan dipotong
  • Tuas gas (throtle) bahan bakar dinaikan
  • Pisau pemotong berputar memotong semak.
  • Digoyangkan kearah semak baru yang akan dipotong berikutnya

Kelebihan

Brush Cutter atau Pemotong Semak atau Pemotong Rumput Ransel sangat kuat, dan tahan lama; dirancang untuk penggunaan komersial sehari-hari yang intensif tanpa menyebabkan ketidaknyamanan atau kelelahan pada operator. Memiliki mesin 2 langkah tingkat profesional yang dipasang di punggung dan memberikan keuntungan utama karena kemampuan manuver yang luar biasa. 

Kondisi seperti tersebut diatas sangat penting bagi para profesional yang membersihkan rumput dansemak di lereng curam seperti bukit atau parit. Dilengkapi dengan loop handle yang nyaman, sistem start yang mudah, dan berat hanya kira kira 10 kg, memberikan kenyamanan dalam bekerja, akurasi, dan produktivitas.

Brush Cutter atau Pemotong Semak memiliki keunggulan efisiensi tinggi, manfaat yang baik, konservasi air dan tanah, dan meningkatkan kesuburan, putaran cepat, tidak perlu menggunakan cangkul untuk menyiangi, sehingga tidak akan merusak tanah dan air, tidak akan menyebabkan kehilangan tanah, pada dasarnya tidak berpengaruh pada tanah, selain itu, kemudian dapat memainkan peran konservasi tanah dan air, selain itu.

Kekurangan

  • Kurang aman bagi operator yang tidak menguasai pengendalian dengan baik.
  • Operator harus mengenakan Alat Pelindung Diri.
  • Jika memotong rumput ditempat rata (seoerti lapangan bola); tidak dapat menghasilkan potongan yang rata.
  • Pisau pemotong (blade) yang berputar dapatmelontarkan kerikil yang berbahaya.
  • Rumput hasil potongan harus dibersihkan (tdk dilengkapi penampung)


Referensi :

  1. Haotua China Tools; Backpack Brush Cutter
  2. Medium; Brush Cutter Applications and Advantages
  3. farms Market; Everything you need to know about Brush Cutter
  4. Uan Buy; The advantages and disadvantages of brush cutter
  5. Wikipedia; Brushcutter (garden tool)
  6. Kisanagromart; 2 Stroke Back Pack Brush Cutter (gambar)

 


Baca Juga :

  1. Mengenal tentang Forklift; Penggunaan, Konstruksi dan Cara Kerja
  2. Pemeriksaan NDT dengan Dye Penetrant Test

 


 

Baca Juga

Pemeriksaan atau Inspeksi Barang Masuk atau dikenal dengan istilah...

Driver (sopir) Rental Mobil PT. Krakatau Jasa Industri telah...

Sopir (Driver) PT. Krakatau Jasa Industri telah mengetahui dan...

Perusahaan Alih Daya  adalah badan usaha  berbentuk badan  hukum...