Artikel

Membersihan Perabot dan Peralatan Kantor (Ruangan); Cleaning Service

ruangan kantor bersih

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri telah memahami, memiliki kompetensi dan pengetahuan, terampil dan berpebgalaman dalam ruang lingkup Membersihan Perabot dan Peralatan Kantor/Ruangan.

Daftar Isi :

Pengantar

Bahwa lingkungan yang bersih, aman, dan terorganisir dengan baik akan berkontribusi secara signifikan terhadap produktifitas yang lebih besar. Kebersihan perabot dan peralatan kantor atau ruangan kerja menjadi penting bagi perusahaan; selain terkait dengan produktifitas juga untuk memberikan kesan yang baik semua stakeholder.

Bahwa hampir setiap hari karyawan bekerja menggunakan perabot dan peralatan kantor; baik itu lemari kabinet; pesawat telpon, fax, paranglat komputer; meja dan kursi, serta asesoris yang menyertainya. Karyawan akan merasakan kenyamanan dan fokus dalam bekerja jika kondisi perabotan dan perlatan yang digunakan dalam kondisi bersih dan rapih.

Pada umumnya perabotan dan peralatan kantor (ruangan) akan kotor yang disebabkan oleh debu, kotoran jatuh dari langit-langit; bekas tangan karayawan; dll. Pembersihan juga harus dilakukan dengan hati hati agar tidak menimbulkan kerusahan atau terjebaknya kotorab pada erabotan dan peralatan kantor.

Tips dan Cara Membersihkan Perabotan dan Peralatan Kantor

1) Membersihkan Debu
Berbagai elemen dapat menimbulkan debu. Di kantor dengan banyak orang yang bekerja bersama, sumber produksi debu meningkat. Serat kertas, serat pelapis, sel kulit dan rambut, filter udara yang tidak tepat, dan banyak faktor lainnya dapat mendorong pengumpulan debu. Di area dengan lalu lintas tinggi seperti kantor, membersihkan semua permukaan dan area sangat penting. Debu cenderung mengendap di hampir semua hal. Untuk membersihkan debu dapat dilakukan dengan menggunakan Vacuum Cleaner, Kemoceng atau dengan Lap Kering, disusul dengan Lap setengah Basah.

Permukaan meja, kursi dan furnitur lainnya harus dibersihkan dari debu setiap hari. Perangkat Komputer; seperti monitor, keyboard; printer; dll seringkali ditempeli debu terutama pada bagian yang bercelah; membersihkannya harus dilakukan dengan hati hati.

2) Menghilangkan Noda 

Di ruang dengan lalu lintas tinggi seperti kantor, kemungkinan besar noda dan noda yang tidak diinginkan akan muncul di karpet, karpet pintu masuk, atau kain pelapis. Tumpahan kopi, noda lumpur, dan noda makanan hanyalah sebagian dari noda kotor yang dapat muncul. Membiarkan noda ini apa adanya dapat membuat kantor menjadi terlihat kotor dan tidak ramah. Membersihkannya dapat membantu menyempurnakan tampilannya dan membuatnya bersih dan segar. Noda dapat dibersihkan dengan menggunakan lap setengah basah. Bagian yang bercelah dapat dibersihkan dengan menggunakan kuas atau cotton bird. Noda tertentu mungkin harus dibersihkan secara khusus menggunakan cairan pembersih yang ditempelkan pada lap atau diemprotkan dengan hati hati.

3) Membersihkan dengan Desinfektan

Bahwa perabotan dan perlengkapan kantor pada umumnya akan digunakan oleh karyawan; baik itu dipegang, diduduki; dll; sehingga noda bekas tangan atau bagian badan lainnya besar kemungkinan akan menempel dan tertinggal meninggalkan kotor. Setelah noda dibersihkan ada baiknya untuk dilanjutkan dengan memberikan usapkan desinfektan agar bebas dari kuman; dll. Hati hati menggunakan desinfektan agar tidak berlebihan karena mungkin dapat merisak beberapa peralatan kantor.


Panduan Pemeliharaan Kebersihan Perabot dan Peralatan Kantor 

1) Persiapan
Sebelum pekerjaan dimulai, siapkan peralatan kerja yang diperlukan selengkapnya yaitu: kain majun, shampo karpet, furniture polish,freshphone,multi purpose cleaner,metal polish,baby oil,otosol.

2) Membersihkan Kotoran dan Debu
Bersihkan semua kotoran / sampah yang berada di meja sebelum pekerjaan pengelapan dilakukan, periksa laci meja bersihkan agar bebas dari debu. Singkirkan semua asbak, bersihkan sampah atau puntung rokok lalu masukan ke dalam kantong plastik sampah, letakan kembali asbak pada posisi semula dalam keadaan bersih. 

3) Perangkat Komputer 
Bersihkan perangkat komputer dengan lap bersih, campurkan air ditambahmulti purpose cleaner secukupnya dengan spons oleskan ke permukaan yang kotor, terutama yang terkena noda lalu keringkan lagi. Harus hati-hati di dalam menggunakan air berlebihan. 

4) Furnitur
Bersihkan sofa/jok kain secara priodik bulanan dengan mempergunakanshampoo machine, gunakan shampo khusus sofa atau deterjen. Bersihkan semua permukaan kayu furniture dilakukan dengan seksama sampai pada cela-cela kayu, agar bebas debu dan mengkilap, gunakan furniture polish atau yang setara untuk kayu, logam / stainless steeldenganmetal polish atau yang setara. Bersihkan kaki kursi dengan teliti, apabila dari logam stainless steelgunakan lap kering ditambah metal polish atau yang setara, apabila logam bercat gunakan lap basah dan lap kering kembali, bila kayu bersihkan dengan furniture polish.

5) Membersihkan Debu pada Permukaan
Bersihkan debu dari filling cabinet; atau lemari; dll. Bersihkan bagian atasnya sesering mungkin, karena biasanya banyak terdapat debu, gunakan lap setengah basah. Bersihkan debu pada cabinet dengan menggunakan lap setengah basah, mulai bagian atasnya kemudian dindingnya.

6) Menyemprotkan Pengharum
Semprotkan pengharum ruangan secukupnya; tidak terkait langsung dengan kebersihan peralatan kantor, namun setiap selesai melaksanakan pembersihan peralatan kantor dapat meninggalkan jejak nuansa bersih dan terpelihara.

SKKNI Membersihkan Peralatan dan Perlengkapan Ruangan

SKKNI Cleaning Service tentang Membersihkan Peralatan dan Perlengkapan Ruangan; adalah sbb :

Kode Unit : N.812100.012.02
Judul Unit : Membersihkan Peralatan dan Perlengkapan Ruangan
Deskripsi : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja untuk melakukan pembersihan peralatan dan perlengkapan ruangan dalam industri jasa kebersihan/cleaning service.

1. Mempersiapkan peralatan dan bahan pembersih
1.1 Area kerja yang akan dibersihkan,diidentifikasi sesuai prosedur.
1.2 Peralatan dan perlengkapan disiapkan sesuai dengan kebutuhan.
1.3 Bahan pembersih disiapkan sesuai dengan kebutuhan.
1.4 Perlengkapan alat pelindung diri disiapkan berdasarkan kebutuhan.

2. Melakukan pembersihan perabot ruangan
2.1 Area kerja disiapkan untuk pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan prosedur.
2.2 Peralatan dan bahan pembersih yang akan digunakan, diperhitungkan sesuai kebutuhan dan prosedur.
2.3 Perabot dan asesoris lainnya dibersihkan sesuai dengan prosedur.
2.4 Pembersihan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
2.5 Peralatan khusus digunakan untuk pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan.
2.6 Hasil pekerjaan yang telah selesai diperiksa sesuai dengan prosedur.

3. Membersihkan dan merapihkan peralatan kerja
3.1 Peralatan kerja dibersihkan sesuai prosedur.
3.2 Bahan pembersih dirapikan sesuai dengan prosedur.
3.3 Peralatan dan bahan pembersih disimpan pada tempat yang telah ditentukan sesuai dengan prosedur.


Referensi :

  1. SKKNI Cleaning Service
  2. Permen PU No 24/PRT/M/2008; Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung

 


Baca Juga :

  1. Pentingnya Membersihkan Kaca Depan Mobil, Tips dan Caranya
  2. Scaffolding untuk Industri

 

Baca Juga

Lalu lintas jalan semakin ramai dengan semakin bertambahnya jumlah...

Metode pengukuran yang digunakan pada Implementasi Nilai-nilai...

Definisi paling dasar dari gearbox adalah bahwa itu adalah...

Tugas pokok Satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban...